Entri Populer

Minggu, 22 Mei 2011

KURIKULUM SD NEGERI 04 SIDOMULYO

ALAMAT : KAMPUNG DWIMULYO
KECAMATAN : PENAWARTAMA
KABUPATEN : TULANG BAWANG
PROVINSI : LAMPUNG


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Sesuai dengan perkembangan pendidikan dan tuntutan kinerja dibidang pendidikan, maka perlu secara terus menerus mengembangkan kualitas pendidikan baik ditingkat nasional maupun pada jenjang ke bawah , yakni tingkat sekolah yang merupan basis penerapan ilmu secara langsung pada sasaran.

Perbaikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupan satu diantara yang harus disesuaikan dengan perkembangan ditinjau dari berbagai segi, baik perkembangan ana maupun perkembangan kemajuan dunia pendidikan yang semakin kompleks.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraankegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Pendidikan Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 ayat (2) ditegaskan bahwa Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran–pemikiran tersebut diatas msks diperbaiki apa yang dinamakan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksnakan dimasing-masing satuan pendidikan sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 , bahwa kurikulum tingkat satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan srta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Indonesia (BNSP).

Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan SD Negeri 04 Sidomulyodikembangkan sebagai perwujudan dari Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu Tim penyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD Negeri 04 Sidomulyo yang terdiri atas unsur sekolah, guru, dan komite dibawah koordinasi supervisi Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang.

Pengembangan kurikulum didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut :
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan
kepentingan peserta didik dan linkungannya;
2. Beragam dan terpadu;
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
4. Menyeluruh dan berkesinambungan;
5. Belajar sepanjang hidup;
6. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Kepentingan daerah.

Kurikulum ini merupakan sebuah perencanaan yang akan menjadi kenyataan apabila dapat terealisasi dilapangan dalam proses pembelajaran yang baik dan bermutu. Pembelajaran dikelas maupun diluar kelas hendaknya dapat berjalan secara efektif , aktif, inovatif, dan menyenangkan sehingga mampu membangkitkan aktifitas dan kreatifitas siswa.

Sejalan dengan ini perlu sebuah penegasan tentang perbaikan proses pembelajaran sehingga akan timbul sinergi antara adminintrasi sebagai modal perencanaannya dengan guru sebagai tenaga aplikasi perencanaanya. Diharapkan dengan sebuah perencaan yang terus diperbaiki dan perbaikan mutu proses pembelajaran yang terus ditingkatkan maka akan menghasilkan pembelajaran yang kita cita-citakan bersama, dengan semangat seperti tersebut diatas kurikulum ini akan menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 04 Sidomulyo Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

1.2 VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
1. VISI
MANDIRI, BERBUDI PEKERTI LUHUR, DAN BERPRESTASI
Indikator :
1.1 Terwujudnya sekolah yang santun serta mampu memberikan
Pelayanan Pendidikan yang bermutu.
1.2 Terciptanya warga sekolah yang menjunjung tinggi
kedisiplinan, Tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

2. MISI
2.1 Meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Mahaesa.
2.2 Meningkatkan kesadaran serta tanggung jawab
terhadap peraturan dan tata tertib sekolah.
2.3 Memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas.
2.4 Melengkapi sarana dan prasarana pendidikan.
Pelayanan pendidikan yang bermutu.
2.5 Terciptanya warga sekolah yang menjunjung tinggi
kedisiplinan,

3 . TUJUAN SEKOLAH
Tujuan Pendidikan Dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Merujuk pada tujuan pendidikan dasar tersebur maka, tujuan Sekolah Dasar Negeri 04 Sidomulyo adalah sebagai berikut:
3.1 Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses
pembelajaran dan kegiatan pembiasaan.
3.2 Meraih prestasi akademik maupun nonakademik minimal
tingkat gugus.
3.3 Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi
sebagai bekal untuk melajutkan kejenjang sekolah yang
lebih tinggi.
3.4 Menjadi penggerak dilingkungan masyarakat sekitar
dibidang pendidikan.
3.5 Menjadi sekolah yang diminati masyarakat.



BAB II
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM



2.1 Struktur Kurikulum

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa Struktur dan muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut:
1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Kelompok mata pelajaran estetika.
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan.
C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar